Algoritma dan Flowchart

Share:

1.      Definisi Algoritma
Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
Terdapat beberapa definisi mengenai kata Algoritma :
1.        Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang
disusun secara sistematis (Rinaldi Munir :2002).
2.        Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan
masalah (KBBI :1988).
3.        Algoritma adalah suatu himpunan hingga dari instruksi-instruksi yang secara
jelas memperinci langkah-langkah proses pelaksanaan, dalam pemecahan
suatu masalah tertentu, atau suatu kelas masalah tertentu, dengan dituntut
pula bahwa himpunan instruksi tersebut dapat dilaksanakan secara mekanik
(Team Gunadarma :1988).

2.      Tahap Pengembangan Algoritma
         

                                                                                                                                                                             



3.      Cara Penyajian Algoritma
Algoritma dapat disajikan dengan 2 cara, yaitu penyajian melalui tulisan dan penyajian melalui  gambar. Cara penyajian algoritma melalui tulisan dibagi lagi menjadi 2, yaitu bahasa alamiah dan pseudocode (sandi semu).

1.      Penyajian Algoritma Melalui Tulisan
a.      Bahasa alamiah
Penyajian algoritma dengan bahasa alamiah dilakukan dengan menyusun uraian kata yang menggunakan bahasa Inggris atau dengan bahasa lain, misalnya bahasa Indonesia. Algoritma dengan bahasa alamiah dapat ditulis dengan menggunakan huruf besar di awal kalimat dan selanjutnya dengan huruf kecil, atau dengan menggunakan huruf besar seluruhnya. Untuk memperjelas dapat ditambahkan nomor urut untuk setiap langkah yang ada. Karena menggunakan bahasa yang sehari-hari digunakan manusia, maka penyajian algoritma dengan bahasa alamiah dapat dipahami oleh pembaca yang belum memahami bahasa pemrograman, misalnya pemakai sistem.

b.      Pseudocode (sandi semu)
Penulisan sandi semu menggunakan simbol-simbol perintah yang mirip dengan yang menggunakan di dalam bahasa pemrograman. Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti mirip atau menyerupai, dan code yang berarti program. Pseudocode ditulis dengan menggunakan huruf besar, sedangkan variabel atau komentar ditulis dengan menggunakan huruf kecil. Untuk memperjelas struktur algoritma, digunakan tabulasi yang berbeda untuk penulisan sandi semu yang berada dalam kalang (loop) atau struktur kondisional. Dengan penulisan sandi semu mirip dengan penulisan program, maka algoritma yang ditulis dengan sandi semu lebih tepat digunakan untuk mengkomunikasikan algoritma kepada pemrogram.

2.      Penyajian Algoritma Melalui Bagan atau gambar
Salah satu bagan yang digunakan untuk menyatakan algoritma ialah yang disebut dengan bagan alir (flowchart). Bagan alir terdiri atas sekumpulan gambar yang digunakan menyatakan simbol-simbol tertentu.
Jenis-jenis flowchart adalah sebagai berikut:
a.      Program Flowchart
Simbol – simbol yang menggambarkan proses secara rinci dan detail antara instruksi yang satu dengan iunstruksi yang lainnya di dalam suatu program komputer yang bersifat logik (software).
b.      Sistem Flowchart
Simbol – simbol yang menggambarkan urutan prosedur secar detail di dalam suatu sistem komputerisasi dan bersifat fisik (hardware).






Semoga Bermanfaat salam : Arif Andrian

No comments